Pantai Wohkudu : Pantai Pribadi diantara Dua Tebing


Pantai Wohkudu merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di hamparan laut selatan Yogyakarta yang masih belum terjamah wisatawan. Lokasinya yang tersembunyi memberikan kesan jelas yang jarang kita temukan di pantai lain di kawasan ini. Keheningan dan kedamaian, adalah dua kata yang pertama kali muncul pada siapa pun yang duduk di pantai Wohkudu.


Pantai Wohkudu terletak di antara dua bukit karang dan tidak memiliki hamparan pasir yang luas. Dibandingkan Pantai Greweng yang juga berada diantara dua bukit, Pantai Wohkudu jauh lebih sempit dan tidak memiliki pasir seperti Pantai Greweng. Namun hal tersebut bukan menjadi kendala, melainkan memberi kesan eksklusif. Lokasinya yang tersembunyi dan suasana yang tenang menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang cocok untuk melepaskan diri dari kepenatan kota.


Dikarenakan lokasinya yang berada di sisi barat kawasan Gunungkidul atau merupakan kawasan yang belum terlalu populer sebagai tujuan wisata utama, kondisi pantai Wohkudu masih terasa sangat alami atau bisa dikatakan masih perawan karena jarang dikunjungi oleh wisatawan. 


Jalan Imogiri - Panggang yang merupakan jalur terdekat untuk mencapai Pantai Wohkudu dari Yogyakarta juga merupakan jalur yang sepi karena bukan jalur utama untuk mencapai Gunungkidul. Namun jangan salah, jalur yang penuh tanjakan dan belokan ini sangat memanjakan mata bagi siapa saja yang melintasinya. Anda diajak membelah perbukitan dengan pepohonan hijau di kanan kiri.


Selain berada di kawasan yang kalah populer dari destinasi wisata, Pantai Wohkudu masih jarang diketahui banyak orang karena letaknya yang tersembunyi. 


Untuk mencapai pantai ini, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan menuruni bukit. Namun tidak perlu khawatir karena akan kembali disuguhkan dengan pemandangan indah yang ditawarkan di sepanjang jalan setapak. Anda akan melihat berbagai flora indah tumbuh di sekitar perbukitan. Jika beruntung, kedatangan Anda disambut oleh sekelompok monyet liar yang sedang memamerkan kelucuannya.


Selain beberapa koloni kera liar, terkadang juga ada burung berwarna-warni yang muncul di depan kita atau hanya duduk di salah satu dahan pohon. Ada juga anjing yang naik di jalan setapak menuju pantai. Oh ya, di sana Anda juga akan menemukan hewan ternak milik penduduk setempat.


Pertanda bahwa Anda akan segera tiba adalah suara deburan ombak dan terlihatnya dua tebing kokoh yang mengapit pantai Wohkudu. Sebentar lagi Anda akan melihat birunya laut selatan dan sebidang tanah yang terlihat seperti taman Pantai Wohkudu. Akhirnya setelah melewati tanah tadi, Hamparan pasir putih yang dihiasi dengan pasir dan ilalang menyambut kedatangan Anda.


Tidak terlalu mudah untuk menemukan dan mencapai pantai ini. Namun apakah sesuatu yang tidak mudah didapat akan meninggalkan kesan yang mendalam setelah kita mencapainya? Begitu juga yang akan Anda rasakan saat tiba di Pantai Wohkudu. 


Perjalanan ini tidak akan terasa sia-sia, dan akan terbayar lunas melalui apa yang ditawarkan Pantai Wohkudu. Suasana santai langsung menghampiri saat hembusan angin menyapanya, diiringi deburan ombak yang menghantam bebatuan yang berdiri kokoh. 


Sekelompok kupu-kupu terbang dan duduk di sekitar tebing di pinggir pantai dan memanjakan mata kita. Berbaringlah di atas pasir, dan biarkan pikiran Anda beristirahat sejenak.    


Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Wohkudu


Memancing


Penduduk setempat telah menjadikan Pantai Wohkudu sebagai tempat memancing. Tak heran jika alat yang mereka gunakan untuk menangkap ikan atau jaring yang digunakan untuk menangkap ikan tertinggal di gubuk-gubuk kecil yang dibangun warga sekitar pantai. 


Jika Anda memiliki hobi memancing, tidak ada salahnya untuk membawa alat pancing saat Anda berkunjung ke Pantai Wohkudu. Hasil pancing Anda bisa dijadikan lauk makan malam saat berkemah di lokasi ini. Memanggang ikan segar di atas api unggun di pantai bukankah ide yang sangat menarik?


Berkemah


Pantai Wohkudu merupakan pantai yang tenang, nyaman, sepi dan memiliki lahan yang tidak cukup luas. Hal tersebut menjadikan Pantai Wohkudu sebagai tempat alternatif untuk berkemah di akhir pekan. 


Jika Anda berkemah di sini, Anda akan terbebas dari perhatian wisatawan lain yang sedang berswafoto. Suasana yang tenang berpadu dengan tempatnya yang tersembunyi dan masih jarang pengunjungnya membuat pantai ini terlihat seperti pantai pribadi. 


Disini anda bisa bersantai dengan bernyanyi bersama teman atau menyalakan api unggun untuk menambah kehangatan suasana, dan anda juga bisa membakar ikan yang anda tangkap sebelumnya. 


Alam telah menyediakan segalanya, tinggal bagaimana Anda menikmatinya dengan baik. Tapi pastikan Anda tidak meninggalkan tempat sampah setelah berkemah di sini!


Lokasi dan akses menuju Pantai Wohkudu


Pantai Wohkudu terletak di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Yogyakarta melalui jalur Yoga - Imogiri - Panggang.